Cara Baca Tab Gitar

Sebenernya di internet sudah terlalu banyak yang bahas soal ini, tapi karena masih banyak yang belum ngerti yoos coba jelasin dengan cara yoos sendiri. Jadi mungkin agak beda dengan di tempat lain tapi tetap dengan maksud yang sama.

Kita langsung mulai aja.

Tabulature gitar biasanya diawali dengan :

e|
B|
G|
D|
A|
E|

Itu nandain senar gitar, e (kecil) untuk senar 1, B untuk senar 2, G untuk senar 3 dan seterusnya...

Ada juga yang ga diawali dengan e B G D A E, misalnya F# C# A E B F#, itu berarti tuning gitarnya dinaikin atau diturunin, tapi jarang dipake, yoos sendiri kalo buat tab trus bukan tuning standard yoos biasanya kasih tau dulu kalo tuningnya naik ato turun.

Kemudian ada angka yang menunjukkan senar dibunyikan di fret keberapa. Misalnya

e|-----|
B|-----|
G|--2--|
D|-----|
A|-----|
E|-----|

Tab diatas berarti tekan senar ke-3 di fret (kolom) ke 2 kemudian di bunyikan (dipetik).

Yang diatas baru dasarnya, sekarang kita lanjut ke tahap berikutnya yaitu simbol yang digunakan pada tabulature.

Simbol yang digunakan pada tabulature diantaranya :

Hammer On (h)
Contoh : 5h7
Maksudnya ditekan pada fret 5 kemudian dipetik kemudian tekan fret 7 tanpa dipetik lagi. Kalau bingung, yoos jelasin lagi. Misalnya fret 5 ditekan dengan jari telunjuk, kemudian petik trus tekan fret 7 dengan jari manis. Kalo ga bunyi tekan fret 7 nya dengan keras (hammer = pukul).

Pull Off (p)
Contoh : 7p5
Pull off bisa dibilang kebalikan dari hammer on. Cara mainnya, misalnya fret 7 ditekan dengan jari manis dan fret 5 ditekan dengan jari telunjuk. Tekan fret 5 dan fret 7 bersamaan (buat apa? kan fret 7 juga udah di tekan jadi fret 5 ga bakalan bunyi! udah ikutin aja dulu). Petik fret 7 lalu lepas fret 7 nya jadi yang bunyi fret ke 5 (udah tau kan gunanya... buat apa?). Kalo ga bunyi, sebelum fret 7 nya dilepas coba tarik senarnya ke bawah pake jari yang dipake menekan juga sampe lepas sendiri, jadi efeknya kayak dipetik pake jari yang menekan. Tapi ditariknya jangan sampe bunyi kayak bending (bending dijelasin dibawah), ditariknya secukupnya aja.

Slide Up (/)
Contoh : 5/7
Kalau yang ini digeser. Tekan fret 5 trus petik trus geser (digeser berarti jari yang dipakai menekan fret 5 digeser ke fret 6 trus ke fret 7 dengan cepat) ke fret 7 tanpa di petik lagi. Jadi kedengerannya berurut dari fret 5, 6 dan 7.

Slide Down (\)
Contoh : 7\5
Ini kebalikan dari slide up. Caranya sama dengan slide up, tapi digesernya menurun.

Bending (b)
Contoh : 5b7
Kayak bending spoon (mang pesulap? hehe...). Maksudnya yang dibengkokin itu senarnya. Contoh diatas tekan fret 5 trus petik trus tarik (ke bawah atau ke atas terserah) sampai senarnya keliatan bengkok jadi guitar bender (avatar kali...) Sorry becanda. Pokoknya tarik sampe kedengarannya seperti nada kalo yang ditekan di fret 7. Mungkin 5b7 agak susah apalagi kalo pake gitar biasa. Kalo mau lebih mudah bending-bendingan mainnya di fret tinggi. Misalnya 12b14. Pasti lebih mudah buat dapet nada fret 14 nya. Kalo mau lebih mudah lagi yang dibending senar 6 soalnya tegangan senarnya paling rendah jadi lebih enak.

Release (r)
Contoh : 7r5
Ini kebalikan dari bending. Cara mainnya, pas tadi waktu bending, setelah fret 5 trus di bending ke fret 7 setelah nya biasanya di release, dibalikin lagi ke nada aslinya di fret 5. Itulah release.

Mute (x)
Kalo ini senarnya jangan ditekan, tapi cukup disentuh. Kok gak bunyi? Emang bunyinya kayak gitu kalo lagi emut-emut lolipop.

Palm Mute (pm)
Biasanya ditulis dibawah tabulaturenya. Palm mute kalo yoos biasa bilangnya dep/dap ga tau deh dapet istilah darimana. Cara mainnya tempelin sisi kanan telapak tangan kanan di dekat bridge gitar, ingat yah ditempelin aja jangan ditekan trus sedekat mungkin dengan bridge (bridge ujung senar yang di tabung). Habis ditempelin di petik deh pake tangan itu juga. Suaranya antara di emut dengan tidak (nanggung). Paling banyak ditemuin di lagu2 punk.

Tapping (t)
Ini juga biasanya ditulis dibawah tabulature. Tapping hampir sama dengan hammer on dan pull off. Makanya yang dikasi notasi tap biasanya ada hammer on / pull off nya juga. Cara mainnya sama dengan hammer on dan pull off tapi hammer/pull nya pake jari tangan kanan.
Yoos biasanya jarang kasih notasi ini, soalnya udah ketauan kok. Misalnya 5h7h12. Ga mungkin kan di hammer dari fret 7 ke fret 12. Pasti hammernya pake tangan kanan (tapping).

Dah cukup kli yah, klo kurang atau ada yang mau nanya langsung comment aja dibawah...


Related Posts



5 comments:

Anonymous said...

adi bedolzz

bang yang bending ma relese masih bingung.....
ada gak lagu yang pake simbol itu??? lo bisa minta vidionya dong.... heheheheh lo gak bisa gak apa2

Yoos Yoes said...

http://www.youtube.com/watch?v=GsldbstYEog

klo udah tau bending pasti tau release, soalnya mau ga mau habis di bending mesti di release lagi, cuma releasenya dibunyiin ato ngga itu aja.

di video di atas "bending" nya disebut "bend up" yg "release" nya di sebut "bend down"

Anonymous said...

Juragan, kalo tab dalam tanda kurung "( )" itu artinya apa aja? Ane pernah baca yg ente bilang kalo artinya gk ditekan tp cuma ditempelin aja di fretnya, tp ane lihat tab2 A7x banyak tanda kurungnya tp kayaknya bukan gitu maksudnya.

Unknown said...

Very useful, lumayan buat referensi belajar gitar. Sukses selalu, semoga makin meningkat skillnya

Hamba Allah said...

please visit.
hukummusikdalamislam.blogspot.com

Post a Comment